Syarat dan Ketentuan Umum

Selamat Datang di Kamar Pelajar!

Syarat dan ketentuan berikut menjelaskan peraturan dan ketentuan penggunaan website Kamar Pelajar dengan alamat kamarpelajar.com

...
  1. Ruang Lingkup
    1. Kamar Pelajar(“Kami”) adalah pasar bagi mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri. Kami melayani pemesanan kamar secara daring dan aman.
    2. Tamu dapat mendaftar dan memesan kamar melalui website resmi Kamar Pelajar (www.kamarpelajar.com), kemudian admin Kamar Pelajar menghubungkan antara tamu dan host.
    3. Setelah Kamar Pelajar menghubungkan tamu dengan host, kedatangan, keberangkatan, informasi lain serta komunikasi selanjutnya diurus oleh keduanya.
    4. Kamar Pelajar tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kehilangan barang pada saat proses menginap serta seluruh komunikasi antara host dan tamu sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing individu.
  2. Pengguna
    1. Pengguna Kamar Pelajar adalah pemilik akun yang terdaftar di website Kamar Pelajar.
    2. Pengguna Kamar Pelajar, baik host maupun tamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Warga Negara Asing (WNA) diperbolehkan menjadi tamu asalkan bersama dengan tamu WNI yang memenuhi syarat untuk mendaftar di Kamar Pelajar.
  3. Pendaftaran Akun
    1. Kamu adalah pelajar atau wisatawan berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
    2. Kamu setuju untuk mendaftarkan akun dengan data Kamu sendiri dan bukan data milik orang lain.
    3. Kamu setuju data Kamu (nama, email, nomor ponsel) disimpan oleh Kamar Pelajar
    4. Semua data Kamu secara utuh hanya bisa dilihat oleh satu orang admin database Kami melalui instagram ini, terkecuali sandi yang terenkripsi.
    5. Data kamu disimpan secara rahasia, tidak dibagikan ke luar Kamar Pelajar dan akan hanya digunakan sebagai berikut:
      • Kegiatan kedekatan kamar pelajar dan pengguna
      • Statistik pengguna
      • Kegiatan pemesanan (kalau Kamu jadi host atau memesan sebagai tamu)
    6. Akun kamu hanya boleh digunakan oleh kamu, Kami akan dibebaskan dari tanggung jawab atas kerugian atau kendala yang timbul dari penyalahgunaan akun.
    7. Kami memiliki hak penuh untuk memblokir sementara, menghapus, atau menonaktifkan akun kamu atas dasar kebijakan Kami sendiri.
  4. Host
    1. Kamu adalah pelajar Indonesia yang sedang berada di Luar Negeri.
    2. Kamu wajib melakukan pendaftaran akun di website Kamar Pelajar dan wajib melakukan verifikasi identitas di laman profil.
    3. Setelah kamu mendaftar dan diverifikasi oleh admin, kamu akan dimasukkan ke dalam daftar host Kamar Pelajar yang dapat diakses di website Kamar Pelajar.
    4. Berikut adalah Hak dan Kewajiban kamu sebagai Host.
    5. Hak:

      • Mendapatkan data calon tamu berupa: nama, jenis kelamin, nomor Whatsapp, email, tanggal menginap dan jumlah tamu.
      • Menerima atau menolak tamu setelah mendapatkan konfirmasi pemesanan melalui email dengan cara menghubungi admin Kamar Pelajar melalui Whatsapp.
      • Mendapatkan 80 persen dari sewa kamar.
      • Menentukan dan merubah harga kamar milik sendiri.
      • Menentukan peraturan rumah.
      • Mendiskusikan waktu check-in dan check-out dengan calon tamu.

      Kewajiban:

      • Memberikan konfirmasi kepada admin 1x24 jam.
      • Mengupdate ketersediaan kamar perbulan dengan mengirim pesan ke admin melalui Whatsapp atau email (jika ada perubahan pihak Kamar Pelajar akan menghubungi host).
      • Memberitahukan ke Kamar Pelajar (via Whatsapp atau email) jika ada perubahan terkait tanggal menginap, jumlah pax, harga, maupun pembatalan.
  5. Pemesanan Kamar
    1. Kamu wajib mengisi form dengan data yang akurat (nama, nomor ponsel, email, tanggal kedatangan, jumlah tamu)
    2. Setelah pesanan kamu di terima (konfirmasi melalui email) Kamu harus membayar uang muka 20 persen dan mengirimkan bukti pembayarannya kepada admin Kamar Pelajar.
    3. Setelah DP diterima maka kamu akan mendapatkan kontak Host dimana kamu menginap.
    4. Berikut adalah Hak dan kewajiban kamu sebagai tamu.
    5. Hak:

      • Mendapatkan tanggapan admin max 1x24 jam.
      • Mendapatkan konfirmasi host max 3x24 jam.
      • Mendapatkan data host berupa: nama, kontak, alamat, harga, fasilitas, peraturan rumah, foto (jika ada) dan dokumen perkenalan Kamar Pelajar.
      • Menentukan dan merubah harga kamar milik sendiri.
      • Mendapatkan fasilitas yang telah dicantumkan.
      • Mendapatkan invoice (jika dibutuhkan).

      Kewajiban:

      • Membayar uang muka secara transfer, dan membayar pelunasan saat bertemu host.
      • Menaati peraturan rumah host.
      • Mendiskusikan waktu check-in dan check-out kepada host.
      • Memberitahukan dan mendiskusikan ke host jika ada perubahan terkait tanggal menginap, jumlah pax, maupun pembatalan.
  6. Ketentuan tentang Pembatalan
    1. Pembatalan dapat dilakukan oleh host maupun oleh tamu maksimal 1 minggu sebelum hari H. Pembatalan kurang dari seminggu akibat kejadian luar biasa atau seperti bencana alam, pandemik, musibah, dan lainnya yang tidak dapat dihindari, maka KP mungkin dapat memberikan pengembalian uang muka atau menghapuskan penalti pembatalan.
    2. Untuk pembatalan kurang dari satu minggu dikenakan denda 20 persen dari total biaya atau hilangnya uang muka.
    3. Untuk pembatalan tanpa konfirmasi oleh pihak tamu dan host dikenakan sanksi dan blacklist yang dapat berupa suspensi akun, hilangnya uang muka, hingga pengnonaktifan akun.
  7. Ketentuan tentang Pengembalian Uang Muka
    1. Proses pengembalian uang muka akan diberikan jika sudah terjadi kesepakatan antara tamu & admin.
    2. Proses pengembalian uang muka dilakukan paling lambat 3 hari kerja setelah terjadi kesepakatan.
    3. Jumlah uang yang dikembalikan oleh Kamar Pelajar adalah sejumlah uang yang diterima pada saat Kamar Pelajar menerima pembayaran uang muka.
  8. Kebijakan Khusus dalam Rangka Pandemi Covid-19
    1. Kamar Pelajar menaruh perhatian besar terhadap keselamatan dan kenyamanan host & tamu kami. Oleh sebab itu Kamar Pelajar memberikan fleksibilitas terhadap perubahan dan/ atau pembatalan penginapan secara cuma-cuma yang terkait dengan alasan kesehatan.
    2. Host & Tamu wajib memberi tahu admin Kamar Pelajar jika mengalami perubahan kesehatan yang significant selama periode H-5 sebelum check-in dan H+7 setelah check-out.

Sewaktu-waktu kami dapat mengoreksi isi Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan pengembangan website atau perubahan kebijakan.